Popular Post

Posted by : Arif Ilham Habib Nov 26, 2013


Analisis dan Konsep Iklan

Pergaulan Bebas Kita tentu tahu bahwa pergaulan bebas itu adalah salah satu bentuk perilaku menyimpang, yang mana “bebas” yang dimaksud adalah melewati batas-batas norma ketimuran yang ada. Masalah pergaulan bebas ini sering kita dengar baik di lingkungan maupun dari media massa. Remaja adalah individu labil yang emosinya rentan tidak terkontrol oleh pengendalian diri yang benar.
Permasalahan Free Sex atau Pergaulan Bebas saat ini adalah isu global yang sedang marak, bukan terkait permasalahan medisnya semata tetapi justru juga permasalahan sosial. Dampak yang begitu besar terjadi akibat masalah pergaulan bebas. Salah satu akibat dari pergaulan bebas adanya timbulnya banyak penyakit yang menjadi akibat dari hubungan diluar nikah, salah satunya adalah penyakit AIDS. AIDS adalah sekumpulan penyakit kompleks yang mematikan dan memang belum ada obat yang mampu menghentikannya 100%. Jadi obat terampuh bagi AIDS adalah pencegahan. Perkembangan iklan saat ini menjadi sebuah langkah awal yang penting terhadap pencegahan pergaulan bebas. Sebagaimana dampak yang timbul dari masyarakat tentang pengaruh terhadap pesan-pesan yang melarang terjadinya pergaulan bebas secara langsung dan tidak langsung. Masyarakat cenderung akan sadar apabila diingatkan, jadi sebuah iklan akan menjadi sebuah pesan yang akan menyadarkan masyarakat tentang perkembangan sekelompok masyarakat.
Konsep yang timbul adalah sebuah larangan pergaulan bebas. Dikarenakan masyarakat saat ini cenderung berbuat sewenang-wenang tanpa memikirkan akibatnya.  Istilah pergaulan bebas seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan tekhnologi dalam peradaban umat manusia, kita patut bersyukur dan bangga terhadap hasil cipta karya manusia, karena dapat membawa perubahan yang positif bagi perkembangannya kemajuan industri masyarakat. Tetapi perlu disadari bahwa tidak selamanya perkembangan membawa kepada kemajuan, mungkin bisa saja kemajuan itu dapat membawa kepada kemunduran. Dalam hal ini adalah dampak negatif yang diakibatkan oleh perkembangan iptek, salah satunya adalah budaya pergaulan bebas tanpa batas.
Konsep desain yang timbul adalah sebuah pencegahan dan mengawasan terhadap pengaruh dari pergaulan bebas. Divisualisasikan dengan pemisahan gender oleh tangan yang bertujuan menjauhkan pengaruh pergaulan bebas dikarenakan sebuah hubungan timbal balik antara laki-laki dan perempuan akan memicu tindakan yang tidak diinginkan. Secara garis besar yaitu memperbaiki cara pandang dengan mencoba memberikan pandangan optimis dan hidup dalam “kenyataan”, maksudnya sebaiknya remaja dididik dari kecil agar tidak memiliki angan-an gan yang tidak sesuai dengan kemampuannya sehingga para remaja bisa terhindar dari pengaruh pergaulan bebas. Tanda visual berupa tangan disini adalah sebuah tindakan pencegahan dari pihak yang bertanggung jawab yaitu seperti peran orang tua atau lembaga yang dapat membimbing anaknya untuk menjauhi dan menyelamatkan sebuah generasi dari bahaya pergaulan bebas. Arti dari tangan yang disiluet ini adalah menampakkan sebuah bayangan yang mampu bertanggung jawab dan dapat dipercaya untuk melindungi terhadap pergaulan remaja tanpa memandang latar belakang.
Latar belakang berupa old paper yang dapat dimaknai dengan lembaran kelam lama generasi pemuda yang dari dulu mendambakan sebuah kesetabilan. Warna yang khas dari latar belakang ini memancarkan sebuah semangat untuk merubah sesuatu yang ada menjadi lebih baik dan dapat menjadi lebih dinamis. Lebih penting dari itu adalah kemampuan kita member sebuah makna pada kehidupan ini. Dengan memberi makna pada kehidupan, maka kita akan memahami nilai-nilai misi hidup kita. Bekerja selaras dengan makna hidup yang berisi nilai-nilai misi kehidupan, akan menjadikan manusia hidup penuh gairah dan berbahagia. Berilah makna dalam hidup, lakukan pengamatan di sekeliling secara cermat dan kerjakan dengan
Visual teks yang berada pada iklan layanan masyarakat yaitu “sex? not yet! We Give Our lives to develop first” yang berarti “seks? belum! Kami Berikan Hidup kita untuk mengembangkan pertama”. Disini dimaksudkan untuk mencegah para remaja untuk tidak terpengaruh kepada pergaulan bebas, dan untuk menjauhi itu dilakukan sebuah tindakan yang mengalihkan perkembangan pergaulan bebas. Dikarenakan para generasi muda adalah individu labil yang emosinya rentan tidak terkontrol oleh pengendalian diri yang benar. Bahwasannya sebuah pergaulan itu ada tingkatannya. Perkembangan pergaulan bebas akan meracuni para remaja apabila remaja itu tidak mempunyai kegiatan positif tentang kegiatan dalam hidupnya. Arti dari ‘Kami Berikan Hidup Kita’ ialah sebuah pengorbanan para generasi muda untuk memajukan perkembangan yang ada pada dunia saat ini, memberikan sebuah kontribusi untuk meningkatkan kuallitas generasi muda yang ada pada. Uniknya disini adalah sebuah penjelasan tentang “Develop First” adalah sebuah perintah ajakan tentang bagaimana cara menanggulangi masalah tentang pergaulan bebas dengan cara yang baik dan dapat bermanfaat. Pencegahan sebuah pergaulan bebas akan efektif apabila para remaja mempunyai kegiatan yang jelas dalam hidupnya, seperti mengikuti sebuah organisasi yang bersifat positif dan dapat berkembang. Jadi untuk para remaja tidak khawatir lagi dengan pergaulan bebas karena ada sebuah kegiatan yang positif.  Tulisan “Cegah Dari Dini Potensi-Potensi Free Sex” bertujuan untuk memangkas potensi-potensi pergaulan bebas dalam kehidupan anak remaja, karena pergaulan pada saat ini tidak lepas dari pengawasan dan bimbingan orangtua atau pihak-pihak yang berwenang untuk berusaha menjaga anak didiknya untuk tidak terjerat dalam pengaruh pergaulan bebas. Visualisasi teks dalam iklan layanan masyarakat ini ditekankan pada tulisan “Free Sex” dan “Sex”  yang berwarna merah dimaknai dengan efek yang menandakan bahwa pergaulan bebas itu berbahaya. Namun berbeda dengan makna yang ditekankan pada tulisan “First”, dalam tulisan ini warna merah ditekankan memberi arti gairah dan memberi energi dan menyerukan terlaksananya suatu tindakan.
Dari semua konsep saya ini dapat disimpulkan yaitu sebuah cara penanggulangan masalah tentang pergaulan bebas yang terjadi pada generasi muda. Disini semua konsep saling berhubungan satu sama lain dan menjadi sebuah pengertian bahwa pergaulan bebas itu dapat ditanggulangi dengan pencegahan cara yang baik dan benar oleh orang-orang yang bertanggung jawab serta dapat memberikan sebuah solusi. Setiap pengorbanan para generasi muda untuk memajukan perkembangan yang ada pada dunia saat ini adalah penting, sehingga para generasi muda dihimbau untuk sadar diri dan dapat mengerti tentang bahayanya pergaulan bebas.

{ 3 komentar... read them below or Comment }

  1. Iklannya memang OKE. Gambar yang berwarna warni memang menggugah semangat jika memandangnya.

    ReplyDelete
  2. Konsep yang bagus, saya saja biasa buat desain jarang untuk memperhatikan yang namanya arti dan makna dari sebuah background, tulisannya, yang penting bagus aja dan sesuai keinginan konsumen :D

    ReplyDelete
  3. Iklan cukup menarik dan bikin penasaran setiap orang dan paling penting adalah isi pesan harus dapat dicerna maksudnya.

    ReplyDelete

Silakan Berkomentar dengan baik dan benar...

Lihat cara komentar yang baik DISINI

- Copyright © Hamz Blog - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -